Delapan Kado Terindah


Delapan  macam   kado   ini  adalah  hadiah  terindah  dan   tak  ternilai  bagi orang-orang yang Anda  sayangi.

KEHADIRAN
Kehadiran  orang  yang   dikasihi rasanya  adalah  kado   yang   tak  ternilai harganya. Memang kita juga bisa hadir di hadapannya lewat surat, telepon, foto atau faks. Namun  dengan berada di  sampingnya, anda  dan  dia  dapat berbagi  perasaan,  perhatian  dan   kasih  sayang secara  lebih  utuh  dan intensif. Jadilah kehadiran anda  sebagai pembawa kebahagiaan.

MENDENGAR
Sedikit  orang yang  mampu  memberikan kado  ini. Sebab, kebanyakan orang lebih  suka didengarkan,  ketimbang  mendengarkan.  Dengan  mencurahkan perhatian  pada  segala  ucapannya, secara  tak  langsung  kita  juga  telah menumbuhkan kesabaran  dan   kerendahan  hati.   Untuk   bisa  mendengar dengan  baik,   pastikan  anda   dalam   keadaan  betul-betul  rileks  dan   bisa menangkap utuh apa  yang  bisa disampaikan. Tatap wajahnya. Tidak perlu menyela, mengkritik,  apalagi  menghakimi. Biarkan  ia  menuntaskannya,  ini memudahkan  anda   memberikan  tanggapan  yang  tepat  setelah  itu.  Tidak harus  berupa  diskusi  atau   penilaian. Sekedar   ucapan  manispun akan terdengar manis baginya.

DIAM
Seperti  kata-kata,  di  dalam   diam  juga  ada   kekuatan.  Diam  bisa dipakai untuk  menghukum,  mengusir  atau  membingungkan  orang.  Tapi   lebih dari segalanya,  diam   juga  bisa  menunjukkan  kecintaan  kita  pada  seseorang karena memberinya ”ruang”. Terlebih jika sehari-hari kita sudah terbiasa gemar menasehati, mengatur, mengkritik bahkan mengomel.

KEBEBASAN
Mencintai seseorang bukan  berarti memberi kita hak  penuh untuk memiliki atau   mengatur   kehidupan  orang   bersangkutan.   Bisakah  kita   mengaku mencintai  seseorang jika kita selalu mengekangnya? Memberi kebebasan adalah salah satu perwujudan cinta. Makna  kebebasan bukanlah ”Kau bebas berbuat semaumu”. Lebih dalam  dari itu, memberi kebebasan adalah memberinya  kepercayaan  penuh untuk  bertangung  jawab  atas  segala hal yang ia putuskan atau lakukan.

KEINDAHAN
Siapa yang  tak bahagia, jika  orang yang  disayangi tiba-tiba tampil lebih ganteng  atau  cantik?  Tampil   indah dan  rupawan  juga  merupakan  sebuah kado  yang  indah. Selain keindahan penampilan pribadi, andapun bisa menghadiahkan keindahan suasana di rumah. Vas dan  bunga  segar cantik di ruang keluarga atau meja makan  yang tertata indah, misalnya.

TANGGAPAN  POSITIF
Tanpa sadar,  sering kita memberikan penilaian negatif terhadap pikiran, sikap atau  tindakan  orang  yang  kita  sayangi. Seolah-olah  tidak  ada  yang benar dari dirinya  dan  kebenaran mutlak  hanya pada kita. Kali ini,  coba hadiahkan  tanggapan  positif.  Nyatakan  dengan jelas  dan   tulus.  Cobalah ingat, berapa kali dalam  seminggu terakhir anda  mengucapkan terima kasih atas segala hal  yang  dilakukannya demi anda.  Ingat-ingat pula,  pernahkah anda  memujinya. Kedua hal  itu, ucapan terima kasih dan  pujian (dan  juga permintaan maaf) adalah kado  indah yang sering terlupakan.

KESEDIAAN MENGALAH
Tidak semua masalah layak  menjadi  bahan pertengkaran. Apalagi   sampai menjadi  pertengkaran  yang  hebat.  Bila  anda   memikirkan  hal  ini,  berarti anda    siap   memberikan   kado    ”kesediaan   mengalah”.   Kesediaan   untuk mengalah juga dapat melunturkan sakit hati dan  mengajak kita menyadari bahwa tidak ada  manusia yang sempurna di dunia  ini.

SENYUMAN
Percaya   atau   tidak,   kekuatan   senyuman  amat   luar   biasa.  Senyuman, terlebih yang  diberikan dengan tulus, bisa menjadi pencair hubungan yang beku, pemberi  semangat  dalam   keputusasaan,  pencerah  suasana muram, bahkan obat penenang jiwa yang  resah. Senyuman juga merupakan isyarat untuk  membuka diri dengan dunia  sekeliling kita.  Kapan  terakhir  kali  anda menghadiahkan senyuman manis pada orang yang dikasihi?

0 comments:

 
Copyright © Tips dan Trik