Cara Membuat Toko Online


Bagaimana cara membuat toko online dan Apa Keuntungannya? Apakah untuk membuat online store tersebut harus mahir dibidang web programming terlebih dahulu? Jawabannya adalah TIDAK. Yang diperlukan utamanya adalah domain+hosting dan CMS E-Commerce open source (diberikan secara gratis) yang bisa kita kembangkan untuk dijadikan sebagai toko online yang nantinya akan nampak profesional. Memang akan lebih baik jika kita memahami sedikitnya tentang web programming. Lalu, apa saja CMS E-commerce tersebut?

1. Cara Membuat Toko Online Dengan OpenCart

Opencart adalah salah satu cms E-commerce yang sangat terkenal. OpenCart sangat cocok bagi kita yang baru pertama kali membuat toko online karena proses pengaturannya yang cukup mudah. Selain itu, developer opencart juga sangat banyak, sehingga kita tidak akan terlalu sulit untuk proses pengembangannya. Untuk proses cara membuat toko online dengan opencart akan saya buat pada artikel khusus tentang cara membuat toko online dengan opencart pada artikel selanjutnya. Bisa dilihat di http://basicsknowledge.blogspot.com/2012/05/tutorial-cara-membuat-toko-online.html

      2. Cara Membuat Toko Online Menggunakan Prestashop
Prestashop merupakan cms E-commerce yang juga khusus digunakan untuk membuat online store. Hampir sama seperti opencart, prestashop cukup mudah untuk di gunakan. Fiturnya yang cukup lengkap serta mendukung SEO sehingga akan lebih bersahabat dengan mesin pencari. Selain itu pengembang prestashop juga sangat banyak.

Hanya dua cms E-commerce saja yang saya sebutkan kali ini, yaitu opencart dan prestashop. Sebab kedua CMS tersebut adalah cms ecommerce yang bisa dibilang mudah dan sangat populer serta lengkap fiturnya, walaupun masih banyak sebenarnya CMS lainnya.



Keuntungan Memiliki Toko Online dan Berjualan Online di Internet

  1. Menambah nilai prestise produk dan meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan dengan menyediakan layanan informasi tentang produk yang Anda jual melalui website sehingga pelanggan tidak sulit untuk mencari-cari toko Anda hanya untuk mendapatkan informasi produk.
  2. Memperkenalkan Perusahaan dan Produk ke Seluruh Indonesia bahkan internasional melalui search engine seperti Yahoo dan Google.
  3. Showroom Toko Online yang buka selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu.
  4. Dapat meng-update data produk & memproses order sendiri tanpa webmaster.
  5. Mengurangi biaya untuk karyawan dalam mempromosikan produk dengan toko online.
  6. Promosi bisnis dan produk dalam waktu yang tak terbatas pada pelanggan.
  7. Pembeli potensial. Di Indonesia sendiri ada lebih dari 55 juta pengguna internet (31 Des. 2011) dan terus bertambah.
  8. Tanpa batas geografis. Semua orang di seluruh Indonesia dan Internasional dapat mengunjungi toko online Anda kapanpun dan di manapun.
  9. Dengan Toko Online Content Management System, Anda dapat mengganti logo header, mengganti background dan konten lainnya.
  10. Toko yang buka 24 jam tanpa perlu ditunggu, tanpa perlu penjaga toko.
  11. Pembayaran online dengan ATM Bank transfer atau International Online Payment seperti Paypal, dll.

5 comments:

waton said...

Wuahhhh..... tau-tau udah lengkap nih... , mantep dahhhhh

Unknown said...

Iya nie gan, iseng-iseng aja klo lagi ga ada kerjaan buat artikel

BelanjaHaji said...

Bisa lebih jelas lagi ngga? Belanja Di Tanah Suci Dari Tanah Air

Unknown said...

@BelanjaHaji : Mungkin lebih lengkapnya bisa dilihat di salah satu artikel yang saya buat http://basicsknowledge.blogspot.com/2012/05/tutorial-cara-membuat-toko-online.html Thank's

toko online said...

sekarang membuat toko online dapat dengan mudah karena sekarang ada CMS yang membantu kita dalam membuat toko online

 
Copyright © Tips dan Trik